Senin, 04 Juni 2012

Merawat Super kips Kawasaki Ninja 150RR


Super KIPS adalah teknologi yang selama ini sudah dikenal sebagai Kawasaki Integrated Powervalve System, sudah diterapkan pada NINJA-RR yang telah lama beredar di Indonesia. Super KIPS ini sebetulnya adalah suatu mekanisme klep yang mengontrol gas buang pada exhaust port. Super KIPS baru berfungsi membuka pada putaran/rpm tinggi, yang berfungsi terutama untuk menghasilkan tenaga (power) yang maksimal. Dengan adanya klep tersebut, pada waktu putaran mesin rendah, campuran sisa pembakaran - termasuk didalamnya unsur HC (yang pada mesin 2-tak biasa seyogyanya akan terbuang), pada Ninja RR dapat dicegah untuk keluar dengan mekanisme Super KIPS ini, sehingga kadar HC yang dihasilkan menjadi rendah dalam sisa gas buangnya.
Bagian terpenting dari Super KIPS, adalah adanya klep (valve) yang difungsikan pada lubang pembuangan. Katup/klep ini berfungsi karena mekanisme sentrifugal di dalam mesin.
Katup ini berfungsi membuka pada kecepatan/RPM diatas 7000 hingga 8500.
Ringkasnya, Super KIPS adalah suatu sistem pemanfaatan katup yang mengatur penutupan dan pembukaan sebagian dari lubang pembuangan. Katup ini akan berfungsi membuka pada RPM tinggi, agar pembuangan gas sisa pembakaran dapat berlangsung lebih sempurna. sebaliknya katup ini akan berfungsi menutup pada RPM rendah untuk menghindarkan terbuangnya campuran bensin-udara yang baru masuk ke ruang bakar dari karter.
superkips dengan lapisan teflon yg gampang mengelupas..menyebabkan permukaan katub tidak merata dan gampang jadi penyebab macet 
Solusinya: 
Ya di kerok aja sekalian semua..agar perputaran katub kips lebih lancar..kerok ampe habis lanjut di lap pake brasso..agar kuningan nya mengkilab.


Apabila mekanisme KIPS masih sering macet..dalam kurun 2mingguan..obat nyang mujarab adalah menutup lubang hisap udara di kotak kecil bertulis HSAS. Di bengkel resmi Kawasaki sudah tersedia peranti untuk mengganti tutup HSAS ini.Ada yang bilang dengan menutup peranti HSAS ini akan  menambah power.Padahal ya enggak, cuman menyempurnakan pembakaranya saja.Mengingat sistem penekan emisi gas buang selalu mengorbankan power walaupun hanya kecil.








Masih aja nggak puas sama super kips......??????



Super kips itu merupakan mekanisme, mekanisme itu ajustable( bisa di setel bro). Ada yang mengganjal pegas sentrifulgal agar kips membuka lebih awal.Tapi cara ini sedikit rumit karena harus menguras collant di radiator, menguras oli girbok.Karena kita harus membuka bak kopling. 
Dan hasilnya belum tentu seperti keinginan semua tipe biker.Karna motor akan susah di bawa nyantai karena putaran 6000rpm kips sudah mulai membuka. Berbeda dengan setting standart nya rpm 6000 kips masih belum terlalu terasa.Sehingga rpm 6250′an masih bisa enjoy jalan dengan suara adem di kecepatan 100kmh.


Namun ada cara yang lebih mudah untuk menyetel waktu bukaan super kips ini.
Caranya: 
Pertama buka fairing dulu ....
Selanjutnya buka karet pelindung mekanisme kips.. 
Kendorin baut(putarkanan)gigi pemutar kips.Kendorin aja gak usah dilepas,selanjutnya start engine (rpm stasioner aja) dengarkan suara knalpot sambil open kips secara manual pake tangan. Dorong dengan jari pada gigi pemutar kips sambil kenali suara knalpot, antara ketika kips membuka dan menutup. Selanjutnya, atur agar jeda antara kips menutup dan membuka nya sesingkat mungkin.Caranya buka kips penuh lalu tutup perlahan sampai suara kenalpot menyampaikan bahwa kips baru aja menutup. Nah saat itu juga kencangin(putarkiri)baut pengikat gigi kips nya. Selanjutnya tinggal dites jalan dan rasakan bahwa telah tidak ada jeda transisi(biasanya rpm7000).

1 komentar:

gigih wicaksono p mengatakan...

Kalo ninja rr emang kaya gitu ya, waktu di tarik gasnya pas super kipsnya mau buka ada jeda kaya' mbrebet gitu ya ??

Poskan Komentar